Sumber gambar: dinas ketahanan pangan provinsi banten

Peta Ketahanan Dan Kerentanan Pangan (Food Security And Vulnerability Atlas-FSVA) Provinsi Banten Tahun 2021

Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability Atlas – FSVA) merupakan peta tematik yang menggambarkan visualisasi geografis berdasarkan 6 kelas status ketahanan pangan yaitu: Prioritas 1 merupakan wilayah sangat rentan, Prioritas 2 merupakan wilayah rentan, Prioritas 3 merupakan wilayah agak rentan, Prioritas 4 merupakan wilayah agak tahan, Prioritas 5 merupakan wilayah tahan, dan Prioritas 6 merupakan wilayah yang sangat tahan. 

Berdasarkan hasil analisis komposit FSVA Provinsi Banten Tahun 2021, dari total 155 Kecamatan yang ada di Provinsi Banten terdapat 18 Kecamatan (11,6%) yang masuk ke dalam prioritas 1-3 (rentan rawanpangan) dan 137 Kecamatan lainnya (88,4%) masuk ke dalam prioritas 4-6 (tahan pangan). 

Informasi tentang ketahanan dan kerentanan pangan penting untuk memberikan informasi kepada para pembuat keputusan dalam pembuatan program dan kebijakan, baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah untuk lebih memprioritaskan intervensi dan program berdasarkan kebutuhan dan potensi dampak kerawanan pangan yang tinggi. Informasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai salah satu instrumen untuk mengelola krisis pangan dalam rangka upaya perlindungan/penghindaran dari krisis pangan dan gizi baik jangka pendek, menengah maupun panjang. Dalam rangka menyediakan informasi ketahanan pangan yang akurat dan komprehensif, disusunlah Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan - Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) sebagai instrument monitoring ketahanan pangan wilayah.

 

Lampiran:
Halaman: dari