Sumber gambar: Sekretariat Provinsi Banten

LANGKAH KONKRET PENGENDALIAN INFLASI SEBAGAI TINDAK LANJUT ARAHAN PRESIDEN RI

Menindaklanjuti arahan bapak presiden RI, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota di Banten mengalokasikan anggaran sebesar Rp 45,36 miliar untuk BLT BBM kepada keluarga penerima manfaat (kpm) selama periode september s.d desember 2022, masing-masing sebesar Rp 150 ribu/bulan. Bantuan yang akan disalurkan kepada 75.613 Keluarga Penerima Manfaat (kpm) melalui PT. Bank Banten.

Pemerintah Provinsi Banten menyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT BBM) tahap I di kabupaten/kota se Provinsi Banten. Pemerintah Provinsi Banten telah mengalokasikan lebih dari Rp.45 milyar yang bersumber dari dana transfer umum (DTU) sebesar Rp.10,62 milyar, belanja tidak terduga (BTT) sebesar Rp 35 milyar.

Rapat Koordinasi HLM (High Level Meeting) TPIDProvinsi Banten, Kota Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dengan agenda mendukung 4K mendukung pengendalian inflasi pangan dan dampak kenaikan BBM.

TindakLanjutPelaksanaanGerakanNasionalPengendalianInflasiPangan (GNPIP) ProvinsiBanten, antara lain Pemberian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupasaranaprasaranapendukung digital farming (Digital Rapid Soil Check), Program Urban Farming - Merdeka 77k, PemanfaatanLahanTidurPerkotaan; yang sudah dilaksanakan dan akan dilaksanakan:

    1.  GNPIP di kelompokTaniBerkahMandiriDesaPagelaranKecamatanMalingpingtanggal 31 Agustus 2022
    2.  GNPIP kelompokTaniMakmur III DesaPabuaranKecamatanWalantaka Kota Serang, tanggal 10 Oktober 2022

Yang akan dilaksanakan pada Rabu, 9 November 2022 GNPIP gerakan tanam dan panen cabai di Poktan Bina Tani II Kampung Kadu Kombong Desa Menes.

Monitoring ketersediaan bahan pangan dan kunjungan TPID Provinsi Banten bersama Fokopinda yang tergabung dalam Satgas Inflasi ke PT. Wilmar Padi Indonesia di Kabupaten Serang.

Rapat Sinkronisasi Komoditas Bahan Pokok dan Bahan Penting sebagai tindak lanjut arahan Pj. Gubernur Banten. Fasilitasi gelar pangan murah (GPM) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kabupaten Pandeglang yang menjual bahan pangan di Provinsi Banten untuk pengendalian inflasi.

TPID Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Pandeglang mengeluarkan kebijakan pemberian subsidi angkutan umum untuk mengurangi dampak kenaikan BBM.

APBD perubahan Provinsi Banten tahun 2022 mendapatkan DID dari Pemerintah Pusat sebesar Rp. 19,3 Milyar untuk pengendalian inflasi, perlindungan sosial, penyandang disabilitas, dan pengarusutamaan gender, berupa tambahan cadangan pangan, menambah volume blt untuk  ojek online, UMKM, penanganan stunting dan kemiskinan ekstrim.

Lampiran:
Halaman: dari